Cara menginstall Mikrotik router OS di virtual box

Tutorial menginstall Mikrotik router OS di Virtual Box



Hi sobat,pada kesempatan kali ini admin mau memberi tahu tentang "Tutorial menginstall Mikrotik Router OS di virtual box",pastinya untuk sobat yang pernah atau sedang belajar di sekolah SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan,sobat pasti akan atau mungkin sudah mengenal tentang sistem operasi yang satu ini.

Mikrotik router OS memang bertipe sistem operasi namun cara penggunaannya dan fungsinya saja yang berbeda dari sistem operasi yang lainnya.Jika sobat semua sudah mengenal Mikrotik router OS maka sobat harusnya sudah bisa menginstall sistem operasi Mikrotik ini.Akan tetapi jika sobat belum atau mungkin baru tahu cara menginstallnya maka sobat tepat sekali mampir di artikel yang akan admin bahas pada kesempatan kali ini.

Apakah sobat penasaran bagaimana cara meng-install sistem operasi Mikrotik router OS?,jika masih penasaran yuk simak langsung aja ya sobat.Baca dengan cermat dan teliti oke?.

Langkah-langkahnya

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya menginstall sistem operasi Mikrotik router OS,admin jelaskan sedikit tentang Mikrotik.Sobat yang bersekolah di SMK dengan mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan,maka sobat akan membahas seputar Mikrotik walaupun hanya sekilas saja.Akaj tetapi pembahasan tersebut membuat sobat penasaran seperti apa ya Mikrotik itu?,dan untuk apa ya fungsinya?.

Mikrotik tidak hanya berupa Hardware (Perangkat keras) saja akan tetapi ada Mikrotik yang berupa Software (Perangkat Lunak).Mikrotik yang satu ini disebut dengan nama Mikrotik router OS.Yups sobat langsung paham dengan kata-kata OS(Operating system),OS(operating system) yang dimaksud bukanlah OS seperti Debian, windows dan OS yang digunakan untuk dekstop.Akan tetapi OS Mikrotik router ini digunakan untuk membangun sebuah jaringan agar bisa dipakai.

Oke cukup segitu aja penjelasannya,langsung ke langkah-langkahnya untuk menginstall Mikrotik router OS.

•Langkah pertama silahkan jalankan software Virtual Box yang sudah sobat install terlebih dahulu.Oh iya karena menginstall Mikrotik router OS di virtual box,jadi sobat perlu mengunduh file Mikrotik router OS nya terlebih dahulu silahkan sobat cari sendiri ya(harus mandiri kalo mengunduh).

•Lalu jika software Virtual Box tadi sudah sobat install,maka sobat jalankan dan klik new(di pojok kiri atas).Jika muncul sebuah kolom yang meminta sobat agar mengisi kolom tersebut maka isi saja:
Name:Mikrotik(bebas kalau Nama).
Type:Linux
Versi:Other Linux(sesuaikan dengan bit komputer yang sobat miliki,apakah bit komputer sobat 32 bit ataupun 64 bit.).Coba perhatikan gambar di bawah ini.



•klik next,dan sobat akan di bawa kepada tampilan yang diharuskan sobat untuk menentukan alokasi memori yang nantinya akan diberikan pada mikrotik,cukup isi 64 MB saja.Lalu klik next.


•Di menu ini sobat harus membuat hardisk virtual,tidak perlu diubah lagi cukup klik create saja sobat.


•selanjutnya sobat akan disuruh untuk memilih jenis atau tipe hardisk virtual yang akan diberikan pada mikrotik router OS.Admin memilih VMDK.


•pada menu ini pilih ukuran hardisk baik memilih yang dinamis maupun yang ukuran tetap.Biarkan default saja dulu untuk pemula,agar cepat selesai Menginstall Mikrotik router OS.


•Berikan ukuran hardisk untuk Mikrotik router OS yang akan sobat install,berikan ukuran minimal 512 MB saja ya sobat.


•setelah selesai membuat virtual Mikrotik router OS nya,maka langkah selanjutnya menambahkan atau mengkonfigurasi sedikit pada menu pengaturannya.Klik saja tulisan setting/pengaturan.


•Lalu pilih menu sistem/system dan pada bagian boot order/urutan boot,lalu sobat ubah.

•jika sudah selesai di menu system/sistem maka langkah selanjutnya pergi ke menu audio.dan uncecklist atau disable kan.

•Pilih menu Network/jaringan,dan sobat pastikan "Enable network adapter/ fungsikan lah adapter jaringan".Lalu di opsi "attached to/terpasang pada" silahkan ganti menjadi "Bridged adapter".Jika sobat ingin menggunakan semua adapter silahkan jika tidak mau menggunakan semua adapter maka tidak di enable pun tidak masalah.



•Masuk ke menu storage dan pilih lambang CD/DVD dan carilah file mikrotik.iso yang sudah sobat unduh.Lalu klik open.

•Klik Start atau mulai di atas cari saja seperti gambar segitiga namun kesamping kanan.


•Lalu tunggu proses booting Mikrotik router OS.Jika benar semua langkah yang diatas tadi,maka sobat akan melihat tampilan seperti dibawah ini.


•Lalu sobat pilih fitur apa saja yang akan diinstall pada mikrotik router OS nya.Jika ingin semua fitur diinstall maka sobat tekan tombol "a" di keyboard lalu tekan tombol "i" pada keyboard.

•jika ada pertanyaan "Do you want to keep old configuration?" Jawab saja "N".lalu jika ada pertanyaan lagi tekan saja "Y".



•Setelah selesai,maka Mikrotik meminta agar sobat melakukan reboot atau booting ulang.Cukup dengan menekan tombol Enter.Lihat gambar di bawah ini.


•Tunggulah proses booting selesai.


•lalu jika ada perintah login,maka silahkan login kedalam Mikrotik router OS yang sobat install tadi.


•Login dengan mengisi:
 Login:admin
 Password:(biarkan kosong saja).
Lalu silahkan tekan enter,tunggu sebentar dan tekan enter lagi.


•Selesai.


Bagaimana sobat cukup menarik bukan cara meng-install sistem operasi Mikrotik router? Jika masih bingung silahkan tanyakan pada admin.Sekian dulu ya sobat,sampai jumpa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti domain blogspot di hostinger

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Milih Baterai: Tips Memilih Baterai Laptop