Jika ada Jaringan di perbatasan Kota atau negara itu bisa disebut Jaringan Apa?


Rachtroper- Pasti diantara sobat pasti ada yang bingung, jika sedang berada di perbatasan tapi melihat sebuah rumah yang membangun sebuah jaringan, maka pertanyaan yang terlintas di pikiran sobat langsung bertanya "itu jenis jaringannya termasuk Wan atau Man atau LAN ya?".

Admin juga pernah mengalami hal tersebut. Ketika admin sedang berada di Jambi namun admin menjumpai sebuah rumah yang besar dan disitu membangun sebuah jaringan. Lantas admin berpikir " Itu jaringan apaan yang dipake? Man atau LAN. Sedangkan rumahnya berada di perbatasan".

Admin jelaskan sedikit tentang kedua jenis jaringan tersebut. Tidak terlalu panjang kok hehehehe. Oke admin jelaskan sedikit ya.


1. Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan vicinity network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan switch information berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jaringan ini agak sedikit lebih rumit di bandingkan LAN karena lebih besar cakupannya.


2. Jaringan region luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup vicinity yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Yang jelasnya bila suatu jaringan terkoneksi internet maka jaringan itu bisa juga disebut WAN.


3. Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local place network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Seperti jaringan yang sobat pelajari di sekolah waktu kelas 10 hehehe.


Nah bagaimana sudah paham kan? Kalo belum paham ya pura-pura paham aja lah ya hehehe.

Back ke topik lagi, jika ada sebuah rumah di perbatasan antar kota dan ingin membangun sebuah jaringan maka jaringan apa yang digunakan?

Jawabannya simple, tergantung dari si owner tadi maunya pake jenis jaringan apa. Jika dia mau make LAN ya tinggal konfigurasi aja, begitu pula dengan jaringan jenis MAN. Namun alangkah baiknya bila jaringan yang di pakai adalah WAN.

"lho kenapa?". Ya karena bisa mencakup semuanya hehehe namun ada yang bilang itu sulit ada juga yang bilang itu mudah. Itu tergantung ke administrator jaringannya.

Itulah tadi pertanyaan yang sering di lontarkan guru TKJ ketika seminar hehehe. Admin juga sempat ditanya seperti itu tapi admin belum tahu jawabannya setelah magang baru admin tahu jawabannya ternyata simple ya hehehe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti domain blogspot di hostinger

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Milih Baterai: Tips Memilih Baterai Laptop