PROTOKOL ADALAH: PENGERTIAN DAN SEJARAH PROTOKOL


Untuk arti spesifik dalam bidang tertentu, lihat protokol (komputer) atau protokol (kriptografi).

Sebagai tambahan dari arti pada bawah, protokol pula kadangkala berarti perjanjian. Kata ini asal menurut bahasa Yunani yg berarti "daun pertaman", menunjuk ke catatan awal menurut sebuah perjanjian.

Protokol adalah etiket berdiplomasi & urusan negara. Sebuah protokol merupakan sebuah aturan yg membimbing bagaimana sebuah aktivitas selayaknya dijalankan terutama pada bidang diplomasi.

 Dalam bidang diplomatik & pemerintahan protokol usaha acapkali garis pembimbing yg tak tertulis. Protokol membahas norma yg layak & diterima-umum dalam perkara negara & diplomasi, seperti menampakan rasa hormat pada kepala negara, diplomat primer pada urutan kronologikal pada pengadilan, & lain-lain.

Menurut Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Protokol merupakan serangkaian aktivitas yang berkaitan menggunakan anggaran pada acara kenegaraan atau program resmi yang meliputi anggaran tentang rapikan tempat, tata upacara, dan rapikan penghormatan menjadi bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintah, atau masyarakat.

Dalam aturan internasional & hubungan internasional, sebuah protokol adalah sebuah perjanjian atau persetujuan internasional yg menambah perjanjian atau persetujuan internasional sebelumnya.

Pada awal abad 21 istilah protokol jua banyak dipakai ke bidang komputer dan komunikasi; lihat protokol (personal komputer ) dan telekomunikasi.

Protokol pada ilmu personal komputer  berarti seperangkat peraturan atau mekanisme buat mengirimkan data antara perangkat elektronik (mis. Personal komputer ).

Agar komputer satu & komputer lain dapat mempertukarkan warta, harus sudah terdapat persetujuan sebelumnya antarperangkat bagaimana struktur informasi dipertukarkan (dikirim & diterima).

Protokol penting lantaran tanpa protokol, sebuah komputer yg sedang mengirimkan data bisa jadi mengirimkan data tadi pada paket 8-bit ad interim komputer yg menerimanya mengharapkan paket 16-bit.

Protokol-protokol diciptakan & disepakati secara internasional oleh organisasi-organisasi industri di dalamnya. Salah satu protokol yg paling populer merupakan OSI (Open Systems Interconnection), dalam bahasa Indonesia interkoneksi sistem terbuka.

Di mana OSI merupakan seperangkat paduan buat mengimplementasikan komunikasi jaringan antar personal komputer .

Protokol-protokol internet yang paling penting pada antaranya merupakan TCP/IP, HTTP, dan FTP.

Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, software, atau kombinasi menurut keduanya. Pada tingkatan yg terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

Berikut merupakan Jenis-Jenis Protocol Jaringan personal komputer :

  1. Ethernet
  2. Local Talk
  3. Token Ring
  4. FFDDI
  5. ATM

A. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

TCP/IP merupakan standar komunikasi data yang dipakai sang komunitas internet buat proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet. Protokol ini tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan komponen lain, dikarenakan TCP/IP sendiri hanya berfungsi sebagai pembungkus protokol (protocol suite).

Dan dalam jaringan internet, TCP/IP adalah protokol yang paling banyak digunakan saat ini, dan ini umumnya berbentuk software pada sebuah sistem operasi. Perangkat lunak atau perangkat lunak yang mengurusi kasus TCP/IP umumnya diistilahkan menjadi pelaksanaan TCP/IP stack.

Adapun protokol ini pertamakali dikembangkan pada tahun 1970-1980an & dinobatkan sebagai protokol baku buat menghubungkan komputer-personal komputer  pada membangun suatu jaringan yang luas, khususnya jaringan WAN.

B. Protokol Ethernet

Protokol ini masih kerap digunakan hingga kini   buat menghubungkan personal komputer  ke internet. Ethernet sendiri memakai metode akses yang disebut menggunakan CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection).

CSMA/CD ini adalah sebuah sistem yg mana mengharuskan setiap personal komputer  untuk menunggu instruksi jaringan sebelum dapat mengirimkan data atau berita ke personal komputer  lain. Dalam hal ini, bila jaringan tidak sibuk, barulah komputer tadi akan mengungkapkan kabar atau data. Namun jika ternyata jaringan sibuk, maka personal komputer  otomatis akan menunggu sampai jaringan mengijinkan atau istilahnya sampai jaringan tidak sibuk.

Jaringan sibuk yang dimaksud disini adalah terjadi pertukaran banyak data berdasarkan personal komputer  satu ke komputer dua. Dan apabila andai kata personal komputer  dua juga ingin mengirimkan data, maka hal ini mampu-sanggup  mengakibatkan ukiran data sehingga jaringan akan mengalami gangguan.

C. RTP (Real Time Protocol)

RTP atau Real Time Protokol adalah salah  satu protokol jaringan yg menyediakan fungsi buat mengantarkan data secara real time. Seperti misalnya data audio, video, & lain-lain umumnya data dapat dikirim melalui layanan jaringan multicast atau layanan unicast.

D. UDP (User Datagram Protocol)

UDP merupakan galat satu protokol yang berada pada lapisan TCP/IP, & dapat mendukung komunikasi yg tidak andal (unrealiable). Tidak andal yang dimaksud disini merupakan tanpa koneksi. Jadi, protokol UDP memiliki kemampuan buat menghubungkan komputer bahkan tanpa adanya koneksi TCP/IP sekalipun.

E. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

HTTP merupakan protokol yang telah tidak asing lagi & biasanya kerap dipakai buat melakukan transfer laman web. Namun sebelum adanya teknologi HTTP ini, para webmaster tempo lalu rupanya menggunakan protokol Gopher. Tapi sayangnya, protokol Gopher hanya mendukung text saja, sehingga dievaluasi tidak efektif buat melakukan transfer & download page website.

F. FTP (File Transfer Protocol)

Protokol jenis ini umumnya digunakan buat melakukan unggah maupun unduh arsip. Keamanannya sendiri didasarkan  pada username & password yang dibuat komputer, tetapi terkadang tidak sedikit juga anonymous diperbolehkan login.

G. DNS (Domain Name System)

DNS merupakan protokol jaringan dan biasa dipakai pada pelaksanaan yang terhubung ke jaringan internet, contohnya seperti peramban internet, email, & pelaksanaan lainnya. DNS ini juga dapat membantu  memetakan hostname berdasarkan sebuah personal komputer  ke IP address.

H. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Protokol ini berfungsi buat memberikan alamat Internet Protocol (IP) secara otomatis jika komputer tersambung menggunakan cable-connection yang asal dari ISP.

I. IMAP (Internet Message Access Protocol)

IMAP adalah protokol standar yg dipakai buat mengakses atau merogoh email dari server. IMAP memungkinkan pengguna buat menentukan pesan email yg akan diambil, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan email yang terdapat. Kemampuan yg dimiliki IMAP lebih baik ketimbang POP (Post Office Protocol) yang menginjinkan penggunanya merogoh & mengunduh seluruh pesan yg ada tanpa kecuali.

J. ICMP (Internet Control message Protocol)

Secara fungsi, protokol ini memang memiliki fungsi yang sedikit tidak sinkron berdasarkan TCP atau UDP menurut segi penggunaannya. Sebab protokol ini tidak bisa digunakan secara langsung sang pelaksanaan jaringan milik pengguna. Umumnya, ICMP kerap digunakan sang sistem operasi personal komputer  buat menaruh  pemberitahuan bahwa komputer yang dituju tidak bisa dijangkau.

K. HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure)

Sebenarnya HTTPS adalah protokol yang sama dengan HTTP, hanya saja tidak sinkron pada tingat keamanannya. Pasalnya, HTTPS lebih kondusif ketimbang HTTP.

Protokol komunikasi ini merupakan bagian dari WWW (World Wide Web) dan ditemukan sang Netscape Comumunications Corporation yg menyediakan autentikasi & komunikasi tersandi buat penggunaan dalam komersi elektris. Dalam pembentukannya, HTTPS memakai banyak sekali macam teknologi komunikasi misalnya plain text, & SSL (Security Socket Layer). Kedua teknologi tersebut menaruh proteksi yang memadai dari serangan eavesdroppers dan man in the middle attacks.

L. SSL (Secure Socket Layer)

SSL salah satu protokol yang paling populer untuk digunakan, terlebih buat menaikkan keamanan website & protokol ini juga digadang-gadang mempunyai kemampuan enkripsi tingkat tinggi. Tidak hanya mampu mengamankan website saja, SSL rupanya dan bisa menaruh pengamanan lebih buat pelaksanaan yang memerlukan enkripsi jaringan end-to-end.

M. SSH (Secure Shell)

SSH atau Sucur Shell adalah protokol jaringan yg memungkinkan penggunanya melakukan pertukaran data secara aman antara dua komputer atau lebih. SSH umumnya secara fungsi digunakan buat mengendalikan keterangan dari jarak jauh seperti mendapat & mengirim file. Penggunaan protokol ini juga wajib  menggunakan Tunnel yang terenskripsi.

Adapun kelebihan SSH dibandingkan menggunakan protokol Telnet, FTP, dan RSH merupakan lantaran SSH sendiri mempunyai sistem otentikasi, otorisasi, & enkripsinya sendiri. SSH pula dipercayai membuat keamanan komunikasi menjadi lebih terjamin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti domain blogspot di hostinger

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Milih Baterai: Tips Memilih Baterai Laptop