Pengertian Tentang Kriptografi


Transfer data dalam sistem bisnis sering terjadi dengan bantuan media digital. Dalam skenario seperti itu, keamanan data ini tetap menjadi fokus utama semua organisasi. Kriptografi di sini memainkan peran penting dalam menjaga keamanan data yang ditransfer. Mari kita mengeksplorasi masuk dan keluar dari teknik yang sangat penting ini.

Apa itu kriptografi? 

Kriptografi adalah metode untuk menyembunyikan informasi dengan menggunakan mikrodot, penggabungan gambar-kata, atau dengan beberapa cara lain. Dalam arena teknis, ini dapat disebut sebagai pengacakan teks biasa menjadi bentuk terenkripsi, biasanya disebut Ciphertext, kemudian mengubahnya menjadi format terenkripsi yang dikenal sebagai Cleartext. Proses encoding dan decoding ini disebut kriptografi dan orang yang mempraktikkan bidang ini dikenal sebagai kriptografi.

Apa Tujuan Kriptografi?

Kriptografi modern mengikuti tujuan di bawah ini -
1. Kerahasiaan - siapa pun yang berada di luar lingkaran tidak dapat memahami informasi antara pengirim dan penerima.
2. Integritas - tidak ada perubahan yang dimungkinkan setelah pesan dirilis.
3. Otentikasi- informasi, dan sumber-sumber dalam sistem kriptografi murni asli. Baik pengirim dan penerima dapat saling mengidentifikasi dan asal atau tujuan informasi tersebut.
4. Non-repudiation- tidak ada pengirim atau penerima yang dapat mundur pesan pada tahap selanjutnya.
5. Akses kontrol - hanya orang yang berwenang yang dapat mengakses data rahasia.

Untuk memenuhi tujuan di atas, format kriptografi berikut dipraktikkan-

1. Kriptografi simetris - juga dikenal sebagai kriptografi kunci rahasia, itu adalah metode di mana pengirim dan penerima berbagi kode rahasia yang sama dan kunci untuk enkripsi dan dekripsi. Teknik ini berguna jika Anda berkomunikasi dengan sejumlah orang, namun tidak banyak berguna untuk komunikasi massa.
2. Asimetris kriptografi - ini juga dikenal sebagai kriptografi kunci publik di mana, kunci terpisah digunakan untuk enkripsi dan dekripsi. Ini berguna untuk pertukaran kunci dan tanda tangan digital seperti RSA, algoritme tanda tangan digital, standar kriptografi kunci publik, dll.
3. Message-digest- in this, fungsi hash digunakan untuk mengenkripsi data secara permanen. Ini juga disebut enkripsi satu arah.

Kriptografi melindungi sumber daya jaringan terhadap perubahan, kerusakan, dan penggunaannya yang tidak sah. Mereka mengamankan sistem jaringan, aset TI, dan data rahasia. Dalam skenario hari ini, menjadi sangat mudah untuk mengubah atau menahan data dan informasi. Pencurian informasi rahasia lagi-lagi merupakan fenomena yang tidak menyenangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti domain blogspot di hostinger

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Milih Baterai: Tips Memilih Baterai Laptop