Sejarah Komputer Lengkap dari masa ke masa

Sejarah Komputer dari Masa ke Masa



Pengertian personal komputer 

Komputer adalah alat yang dipakai buat mengolah data menurut perintah yang sudah dirumuskan. Kata personal komputer  semula digunakan buat mendeskripsikan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, menggunakan atau tanpa indera bantu, tetapi arti istilah ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan perkara aritmetika, tetapi komputer terkini dipakai buat banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektro yg terdiri menurut beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yg lain buat membuat suatu keterangan berdasarkan program & data yg terdapat. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse & Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer personal komputer  tetap bisa melakukan tugasnya menjadi pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Dalam definisi misalnya itu terdapat alat misalnya slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus & seterusnya, sampai semua komputer elektro yang pada masa ini. Istilah lebih baik yg cocok buat arti luas misalnya "personal komputer " merupakan "yang memproses keterangan" atau "sistem pengolah kabar."

Saat ini, personal komputer  telah semakin canggih. Namun, sebelumnya personal komputer  nir sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada lima generasi pada sejarah komputer.

Generasi personal komputer 

1. Generasi pertama



Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tadi berusaha mengembangkan komputer buat mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan personal komputer  serta meningkatkan kecepatan kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seseorang insinyur Jerman menciptakan sebuah komputer, Z3, buat mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan personal komputer . Tahun 1943, pihak Inggris merampungkan personal komputer  pemecah kode rahasia yg dinamakan Colossus buat memecahkan kode rahasia yg dipakai Jerman.

Dampak pembuatan Colossus nir terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan adalah komputer serbaguna(general-purpose computer), beliau hanya didesain buat memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya sampai satu dekade sesudah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan sang pihak Amerika pada waktu itu membuat suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seseorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektro buat US Navy. Kalkulator tadi ukuran panjang 1/2 lapangan bola kaki & mempunyai rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektro.

 Ia menggunakan sinyal elektromagnetik buat menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi menggunakan lambat (dia membutuhkan tiga-lima dtk buat setiap perhitungan) & nir fleksibel (urutan kalkulasi nir dapat diubah). Kalkulator tersebut bisa melakukan perhitungan aritmatik dasar & persamaan yg lebih kompleks.

Perkembangan komputer lain dalam masa sekarang merupakan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat sang kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri berdasarkan 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, & lima juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat akbar yang mengonsumsi daya sebesar 160 kW.

Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) & John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC adalah komputer serbaguna (general purpose computer) yg bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung menggunakan tim University of Pennsylvania dalam bisnis membentuk konsep desain komputer yg sampai 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik personal komputer .

 Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dalam tahun 1945 menggunakan sebuah memori buat menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan personal komputer  buat berhenti pada suatu ketika dan lalu melanjutkan pekerjaannya kembali.

 Kunci primer arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yg memungkinkan semua fungsi personal komputer  buat dikoordinasikan melalui satu asal tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yg dibentuk oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yg memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat & General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu output mengesankan yg dicapai sang UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik menggunakan liputan bahwa instruksi operasi dibentuk secara spesifik buat suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yg tidak selaras yang dianggap "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan personal komputer  sulit buat diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain personal komputer  generasi pertama merupakan penggunaan tube vakum (yg membuat personal komputer  pada masa tersebut ukuran sangat besar ) dan silinder magnetik buat penyimpanan data.

2. Generasi ke 2



Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum pada televisi, radio, dan personal komputer . Akibatnya, berukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai dipakai di pada personal komputer  mulai dalam tahun 1956. Penemuan lain yg berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi ke 2 yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat tenaga dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.

IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand menciptakan komputer bernama LARC. Komputer-personal komputer  ini, yang dikembangkan untuk laboratorium tenaga atom, bisa menangani sejumlah besar  data, sebuah kemampuan yg sangat diperlukan oleh peneliti atom. Mesin tadi sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks buat kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.

 Hanya terdapat dua LARC yang pernah dipasang & dipakai: satu pada Lawrence Radiation Labs pada Livermore, California, dan yg lainnya di US Navy Research and Development Center pada Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin menggunakan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yg memakai singkatan-singakatan buat menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan personal komputer  generasi ke 2 yang sukses pada bidang usaha, di universitas, & di pemerintahan. Komputer-personal komputer  generasi kedua ini merupakan komputer yg sepenuhnya memakai transistor. Mereka jua memiliki komponen-komponen yang bisa diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu model penting personal komputer  pada masa ini merupakan 1401 yg diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir semua bisnis-bisnis akbar memakai komputer generasi ke 2 untuk memprosesinformasi keuangan.

Program yang tersimpan pada pada komputer dan bahasa pemrograman yang terdapat di dalamnya menaruh fleksibilitas kepada personal komputer . Fleksibilitas ini mempertinggi kinerja dengan harga yg pantas bagi penggunaan usaha. Dengan konsep ini, komputer bisa mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji .

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) & Formula Translator (FORTRAN) mulai umum dipakai. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yg rumit menggunakan kata-istilah, kalimat, dan formula matematika yg lebih gampang dipahami sang manusia. Hal ini memudahkan seorang buat memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem personal komputer ). Industr peranti lunak jua mulai bermunculan & berkembang dalam masa komputer generasi ke 2 ini.

3. Generasi ketiga



Walaupun transistor dalam poly hal mengungguli tube vakum, tetapi transistor membentuk panas yang cukup besar , yang dapat berpotensi Mengganggu bagian-bagian internal personal komputer . Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan kasus ini. Jack Kilby, seorang insinyur pada Texas Instrument, menyebarkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektro dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

 Para ilmuwan lalu berhasil memasukkan lebih poly komponen-komponen ke pada suatu chip tunggal yg disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yg memungkinkan mesin buat menjalankan aneka macam program yg berbeda secara serentak menggunakan sebuah acara primer yg memonitor & mengkoordinasi memori komputer.

4. Generasi keempat



Setelah IC, tujuan pengembangan sebagai lebih jelas: mengecilkan berukuran sirkuit & komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) bisa memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen pada sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) mempertinggi jumlah tadi sebagai jutaan. Kemampuan buat memasang sedemikian poly komponen pada suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga & ukuran personal komputer . Hal tadi juga menaikkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan personal komputer .

 Chip Intel 4004 yang dibentuk pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC menggunakan meletakkan semua komponen menurut sebuah personal komputer  (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat mini  .

Sebelumnya, IC dibentuk buat mengerjakan suatu tugas eksklusif yg spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan lalu diprogram buat memenuhi semua kebutuhan yg diinginkan. Tidak lama   kemudian, setiap peranti tempat tinggal   tangga seperti microwave, panggang, televisi, dan mobil menggunakan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi menggunakan mikroprosesor.

Perkembangan yg demikian memungkinkan orang-orang biasa buat memakai personal komputer  biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan akbar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer memperlihatkan produk komputer mereka ke warga  generik. Komputer-komputer ini, yg dianggap minikomputer, dijual dengan paket peranti lunak yang mudah digunakan sang kalangan umum .

Peranti lunak yang paling populer dalam saat itu merupakan program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game misalnya Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan bisa diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di tempat tinggal  , kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang dipakai melonjak berdasarkan dua juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,lima juta unit dalam tahun 1982. Sepuluh tahun lalu, 65 juta PC dipakai. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yg lebih mini  , menurut komputer yang berada di atas meja (desktop computer) sebagai personal komputer  yang dapat dimasukkan ke pada tas (laptop), atau bahkan personal komputer  yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh pada memperebutkan pasar personal komputer . Apple Macintosh menjadi populer karena memopulerkan sistem grafis dalam komputernya, sementara saingannya masih menggunakan personal komputer  yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan peranti mouse.

Pada masa kini  , kita mengenal bepergian IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial menurut CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini seluruh masuk dalam golongan personal komputer  generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan personal komputer  di loka kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu personal komputer  kecil, komputer-personal komputer  tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan buat saling menyebarkan memori, peranti lunak, informasi, & pula buat dapat saling berkomunikasi satu menggunakan yang lainnya.

 Jaringan komputer memungkinkan personal komputer  tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan memakai perkabelan pribadi (disebut jua Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini bisa berkembang sebagai sangat akbar.

5. Generasi kelima



Mendefinisikan personal komputer  generasi kelima menjadi cukup sulit lantaran tahap ini masih sangat belia. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 menurut novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan menurut sebuah personal komputer  generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat relatif memiliki akal untuk melakukan percapakan menggunakan insan, menggunakan masukan visual, & belajar berdasarkan pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh menurut kenyataan, poly fungsi-fungsi yg dimilikinya sudah terwujud. Beberapa personal komputer  bisa mendapat instruksi secara mulut & sanggup meniru pemikiran manusia. Kemampuan buat menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana.

 Namun fasilitas tersebut sebagai jauh lebih rumit dari yang diduga waktu programmer menyadari bahwa manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekadar menterjemahkan kata-kata secara pribadi.

Banyak kemajuan pada bidang desain personal komputer  dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yg akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yg sanggup mengkoordinasikan beberapa CPU buat bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yg memungkinkan genre elektrik tanpa ada kendala apapun, yg nantinya dapat mempercepat kecepatan berita.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon & proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) pula dibentuk buat merealisasikannya. Banyak liputan yg menyatakan bahwa proyek ini sudah gagal, tetapi beberapa liputan lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru kerangka berpikir komputerisasi di dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti domain blogspot di hostinger

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Milih Baterai: Tips Memilih Baterai Laptop