Pengertian Dan Sejarah Lengkap Tentang Jaringan Computer

Pengertian Jaringan Komputer Beserta Sejarahnya



Jaringan personal komputer  (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yg memungkinkan antar komputer buat saling berkomunikasi menggunakan bertukar data. Tujuan dari jaringan personal komputer  adalah supaya dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer bisa meminta & menaruh layanan (service).

 Pihak yg meminta/mendapat layanan dianggap klien (client) dan yg menaruh/mengirim layanan diklaim peladen (server). Desain ini diklaim menggunakan sistem client-server, dan dipakai dalam hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Dua unit komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, lalu dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan masih ada software.

sistem operasi jaringan akan menciptakan sebuah jaringan komputer yang sederhana. Jika ingin membuat jaringan personal komputer  yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai alat-alat interkoneksinya.

Sejarah


Sejarah jaringan personal komputer  bermula dari lahirnya konsep jaringan personal komputer  pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas sang sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan class riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.

 Pada mulanya proyek tadi hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat personal komputer  yg harus digunakan beserta. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang ketika kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program sanggup dijalankan pada sebuah komputer menggunakan kaidah antrian.

Kemudian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang hingga terciptanya super komputer, maka sebuah komputer wajib  melayani beberapa loka yang tersedia (terminal), buat itu ditemukan konsep distribusi proses dari ketika yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka buat pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.

 Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah personal komputer  atau perangkat lainnya yang terhubung pada suatu jaringan (host) personal komputer . Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yg dalam awalnya berkembang sendiri-sendiri. Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan buat mengadakan riset yg bertujuan buat menghubungkan sejumlah personal komputer  sehingga membentuk jaringan organik dalam tahun 1969.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, telah lebih menurut 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka sanggup saling berkomunikasi dan menciptakan sebuah jaringan. Dan pada tahun 1970 itu pula sesudah beban pekerjaan bertambah banyak & harga perangkat komputer besar  mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).

Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar  secara paralel buat melayani beberapa terminal yg tersambung secara seri disetiap host personal komputer . Dalam proses distribusi sudah absolut diperlukan deretan yg mendalam antara teknologi personal komputer  & telekomunikasi, lantaran selain proses yang wajib  didistribusikan, semua host personal komputer  wajib  melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah menurut komputer pusat.

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan acara surat elektonik (email) yg dibuatnya setahun yg kemudian buat ARPANET. Program tadi begitu mudah untuk dipakai, sebagai akibatnya pribadi sebagai populer. Pada tahun yg sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang mengambarkan “at” atau “dalam”. Tahun 1973, jaringan personal komputer  ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat.


Komputer University College pada London merupakan komputer pertama yg ada di luar Amerika yg sebagai anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar , yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).

Ide ini dipresentasikan buat pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya merupakan tanggal 26 Maret 1976, saat Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektro dari Royal Signals and Radar Establishment pada Malvern. Setahun kemudian, telah lebih berdasarkan 100 komputer yg bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Tom Truscott, Jim Ellis & Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) pada tahun 1979. Tahun 1981, France Telecom membentuk sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, pada mana orang bisa saling menelepon yg pula berhubungan dengan video link.

Seiring menggunakan bertambahnya personal komputer  yang menciptakan jaringan, diharapkan sebuah protokol resmi yang bisa diakui & diterima oleh seluruh jaringan. Untuk itu, dalam tahun 1982 dibuat sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal sampai saat ini. Sementara itu, pada Eropa ada sebuah jaringan serupa yg dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, & Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektro dan newsgroup USENET.


Untuk menyeragamkan alamat pada jaringan komputer yg terdapat, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang sekarang kita kenal dengan DNS. Komputer yg tersambung dengan jaringan yang terdapat sudah melebihi 1000 personal komputer  lebih. Pada 1987, jumlah personal komputer  yg tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.

Jaringan komputer terus berkembang dalam tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal menggunakan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna personal komputer  dapat berinteraksi secara pribadi menggunakan pengiriman pesan (Chatting ).

 Akibatnya, setahun kemudian jumlah personal komputer  yang saling bekerjasama melonjak 10 kali lipat. Tak kurang dari 100000 komputer menciptakan sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, saat Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting & penjelajah yg dapat menjelajai komputer yg satu menggunakan yg lainnya dengan membangun jaringan. Programe inilah yang diklaim Waring Wera Wanua atau World Wide Web.

Komputer yg saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta personal komputer  pada tahun 1992. Dan dalam tahun yang sama ada istilah surfing (menjelajah). Dan pada tahun 1994, situs-situs pada internet telah tumbuh sebagai 3000 alamat page, & buat pertama kalinya berbelanja melalui internet atau impian-shopping atau e-retail timbul pada situs. Pada tahun yang sama Yahoo! Didirikan, yg jua sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Klasifikasi


Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi :

1. Berdasarkan geografisnya, jaringan personal komputer  terbagi menjadi Jaringan daerah lokal atau Local Area Network (LAN), Jaringan daerah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan daerah luas atau Wide Area Network (WAN). Jaringan wilayah lokal]] merupakan jaringan milik langsung pada pada sebuah gedung atau tempat yg berukuran hingga beberapa 1 - 10 kilometer.

 LAN sering dipakai buat menghubungkan komputer-personal komputer  eksklusif dan stasiun kerja (workstation) dalam tempat kerja suatu perusahaan atau pabrik-pabrik buat menggunakan bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi. Sedangkan Jaringan daerah metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga meliputi satu kota yang relatif luas, terdiri atas puluhan gedung yg berjarak 10 - 50 kilometer.

Kabel transmisi yg dipakai adalah kabel serat optik (Fiber Optic). Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya sanggup mencakup semua global, contohnya jaringan yg menghubungkan seluruh bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan seluruh kantor Perwakilan Indonesia di seluruh global. Media transmisi utama merupakan komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yg mengandalkan koneksi serat optik antar negara.

2. Berdasarkan fungsi, terbagi sebagai Jaringan Klien-server (Client-server) & Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer). Jaringan klien-server dalam ddasaranya terdapat satu komputer yang disiapkan sebagai peladen (server) berdasarkan personal komputer  lainnya yang sebagai klien (client).

 Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke personal komputer  peladen, komputer peladen ini yg akan mengatur pelayanannya. Jika komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan mampu disiapkan lebih berdasarkan satu komputer menjadi peladen, sebagai akibatnya terdapat pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database server dan sebagainya.

Tentu saja konfigurasi komputer peladen umumnya lebih dari konfigurasi komputer klien baik menurut segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras harddisk), juga kecepatan prosessornya. Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan menggunakan personal komputer -personal komputer  saling mendukung, sebagai akibatnya setiap komputer bisa meminta pemakaian beserta sumberdaya menurut personal komputer  lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan menurut komputer lainnya. Model jaringan ini umumnya hanya mampu diterapkan pada jumlah komputer yang nir terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu poly.

3. Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer bisa dibedakan atas:


  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi mesh
  • Topologi pohon
  • Topologi linier

4. Berdasarkan distribusi asal warta/data
Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri menurut komputer klien & peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara buat mengakses sumber berita/data yg dari berdasarkan satu komputer peladen.

Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sebagai akibatnya terdapat beberapa personal komputer  peladen yang saling berhubungan dengan klien membangun sistem jaringan eksklusif.

5. Berdasarkan media transmisi data
Jaringan berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, buat menghubungkan satu personal komputer  dengan personal komputer  lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim warta dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diharapkan kabel buat menghubungkan antar personal komputer  lantaran memakai gelombang elektromagnetik yg akan mengirimkan frekuwensi keterangan antar personal komputer  jaringan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti domain blogspot di hostinger

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Milih Baterai: Tips Memilih Baterai Laptop