Penjelasan Lengkap Tentang Motherboard Fungsinya

Pengertian Tentang Motherboard beserta Fungsinya



Papan induk (bahasa Inggris: motherboard) merupakan papan sirkuit loka aneka macam komponen elektronika saling terhubung misalnya dalam PC atau Macintosh & biasa disingkat dengan kata mobo.

Pengertian lain menurut Motherboard atau menggunakan istilah lain mainboard merupakan papan utama berupa pcb yg memiliki chip bios (acara penggerak), jalur-jalur dan konektor menjadi penghubung akses masing-masing perangkat.


Motherboard yang poly ditemui dipasaran saat ini merupakan motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar supaya bisa sinkron menggunakan spesifikasi PC IBM.

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama berdasarkan sebuah PC, karena dalam Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard misalnya sebuah papan sirkuit elektronika.


Motherboard merupakan loka berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan seluruh alat-alat komputer & membuatnya bekerja sama sehingga personal komputer  berjalan menggunakan lancar.

Komponen-komponen Papan induk (motherboard)

1.Konektor Power
Konektor power merupakan pin yg menyambungkan motherboard menggunakan power supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yg dibutuhkan merupakan tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri menurut 2 bagian, pada mana 2 kabel berdasarkan power supply akan menancap pada situ.

 Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh, sebagai akibatnya Anda tinggal menancapkannya pada motherboard. Kabel ini terdiri menurut dua kolom sesuai menggunakan pin pada motherboard yg terdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT & ATX. Kebanyakan motherboard terbaru telah bertipe ATX.

2.Socket atau Slot Prosesor
Terdapat beberapa tipe colokan buat menancapkan prosesor Anda. Model paling usang adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau popular dengan kata Socket 7. Socket ini kompatibel buat prosesor bikinan Intel, AMD, atau Cyrix. Biasanya dipakai buat prosesor contoh lama   (hingga dengan generasi 233 MHz).

 Ada lagi socket yg dinamakan Socket 370. Socket ini seperti dengan Socket 7 namun jumlah pinnya sesuai menggunakan namanya, 370 biji. Socket ini kompatibel buat prosesor bikinan Intel. Sementara AMD menamai sendiri socketnya menggunakan istilah Socket A, pada mana jumlah pinnya jua tidak sinkron dengan socket 370.

 Istilah A digunakan AMD buat menunjuk merek prosesor Athlon. Untuk keluarga prosesor Intel Pentium II dan III, slot yg digunakan dianggap dengan Slot 1, sementara motherboard yg menunjang prosesor AMD memakai Slot A buat jenis slot yg seperti itu.

3.North bridge controller
VIA VT8751A yang memberikan interface prsessor dengan frekuensi 533/400 MHz, yg mensupport intel Hypertheading Tecnologi, interface system memory yang beropersi dalam 266 MHz, dan interface AGP 1.5V yang mendukung spesifikasi AGP 2.0 termasuk write protocol dengan kecepatan 4X.

4.Socket Memori
Juga terdapat dua tipe socket memori yg sekarang tersebar di masyarakat komputer. Memang terdapat pula socket terkini buat Rambus-DRAM namun hingga kini   belum poly pengguna yg memakainya. Socket usang yang masih cukup terkenal adalah SIMM. Socket ini terdiri dari 72 pin modul. Socket yang kedua memiliki 168 pin modul, yg dibuat satu arah. Anda nir mungkin memasangnya terbalik, lantaran galur pada motherboard telah disesuaikan menggunakan socket memori tipe DIMM.

5.Konektor Floppy dan IDE
Konektor ini menghubungkan motherboard menggunakan piranti simpan computer misalnya floppy disk atau harddisk. Konektor IDE pada sebuah motherboard umumnya terdiri berdasarkan dua, satu adalah primary IDE dan yang lain merupakan secondary IDE.

Konektor Primary IDE menghubungkan motherboard menggunakan primary master drive & piranti secondary master. Sementara, konektor secondary IDE umumnya disambungkan menggunakan pirantipiranti buat slave misalnya CDROM dan harddisk slave. Bagaimana menyambungkan pin menggunakan kabel? Praktis sekali. Pita kabel IDE mempunyai indikasi strip merah dalam salah  satu sisinya.

 Strip merah tadi menandai, sisi kabel berstrip merah ditancapkan dalam pin bernomor 1 di konektornya. Jika menancap terbalik, piranti yg terpasang tidak akan dikenali sang komputer. Hal yang sama berlaku buat menyambungkan kabel floppy menggunakan pin pada motherboard.

6.AGP 4X slot
Slot port penyelerasi gambar ini mensupport Kartu Grafis mode 3.3V/1.5V AGP 4X buat aplikasi grafis 3D.

7.South bridge controller
Peripheral kontroler terintegrasi VIA VT8235 yg mensupport banyak sekali I/O fungsi termasuk 2-channel ATA/133 bus master IDE controller, sampai 6 port USB dua.0, interface LCP super I/O, interface AC’97 dan PCI 2.2.

8.Standby Power LED
Lampu ini menyala bila terdapat standby power pada motherboard. LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) buat mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin.

9.PCI slots
Pegembangan slot PCI 2.2 32-bit in9i mensopport bus master PCI cart misalnya SCSI atau cart LAN menggunakan keluaran maksimum 133MB/s.

10.PS/2 Mouse Port
Konektor hijau 6 pin ini adalah untuk mouse.

11.Port Paralel & Serial
Pada tipe AT, port serial dan paralel tidak menyatu pada satu motherboard namun disambungkan melalui kabel. Jadi, di motherboard tersedia pin buat menancapkan kabel. Fungsi port paralel bermacammacam, mulai menurut menyambungkan komputer menggunakan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan personal komputer  menggunakan periferal eksklusif yg didesain menggunakan koneksi port paralel.

Port serial umumnya dipakai untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse. Ada juga piranti lain yang mampu dicolokkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, port paralel dan serial sudah terintegrasi dalam motherboard, sebagai akibatnya Anda nir perlu menancapkan kabel-kabel yang membuat repot.

12.RJ-45 Port
Port 25-pin ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.

13.Line in jack
Jack line in (biru muda) menghuungkan ke tape player atau asal audio lainnya. Pada mode 6-channel, funsi jack ini menjadai bass/tengah.

14.Line out jack
jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone atau speaker. Pada mode 6-channel, funsi jack ini sebagai speaker out depan.

15.Microphone jack
Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel funsi jack ini rear speaker out belakang.

16.USB dua.0 port 1 & port dua
Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan buat menghubungkan menggunakan perangkat USB 2.0.

17.USB dua.0 port 3 & port 4
Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan buat menghubungkan dengan perangkat USB dua.0.

18.Video Graphics Adapter Port
Port 15-pin ini merupakan buat VGA monitor atau VGA perangkat lain yang kompatibel

19.Konektor keyboard
Ada dua tipe konektor yg menghubungkan motherboard menggunakan keyboard. Satu merupakan konektor serial, sedangkan satu lagi merupakan konektor PS/dua. Konektor serial atau tipe AT berbentuk bundar , lebih besar  menurut yang contoh PS/2 punya, dengan lubang pin sebesar lima buah. Sementara, konektor PS/2 memiliki lubang pin 6 buah dan diameternya lebih kecil separuhnya dibanding model AT.

20.Baterai CMOS
Baterai ini berfungsi buat memberi energi pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yg terpasang, ketika ia tidak/belum menerima daya berdasarkan power supply

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti domain blogspot di hostinger

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Milih Baterai: Tips Memilih Baterai Laptop