10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

10 Virus Komputer Paling Berbahaya

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Mendapatkan virus komputer telah terjadi pada banyak pengguna dengan cara tertentu. Bagi kebanyakan orang, ini hanyalah ketidaknyamanan ringan, membutuhkan pembersihan dan kemudian menginstal program antivirus yang ingin Anda instal tetapi tidak pernah berhasil melakukannya. Tetapi dalam kasus lain, ini bisa menjadi bencana total , dengan komputer Anda berubah menjadi batu bata yang sangat mahal yang tidak dapat dilindungi oleh sejumlah antivirus.

Dalam daftar ini, kami akan menyoroti beberapa virus komputer terburuk dan terkenal yang telah menyebabkan banyak kerusakan di kehidupan nyata . Dan karena orang biasanya menyamakan malware umum seperti worm dan trojan horse sebagai virus, kami juga termasuk mereka. Malware ini telah menyebabkan kerusakan luar biasa, sebesar miliaran dolar dan mengganggu infrastruktur kehidupan nyata yang kritis. Berikut adalah 10 virus komputer paling terkenal dan berbahaya .

1. ILOVEYOU
10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Virus ILOVEYOU dianggap sebagai salah satu virus komputer paling ganas yang pernah dibuat dan tidak sulit untuk melihat mengapa. Virus ini berhasil merusak sistem komputer di seluruh dunia, menyebabkan kerusakan total dengan perkiraan $ 10 miliar. 10% dari komputer yang terkoneksi internet di dunia diyakini telah terinfeksi. Sangat buruk sehingga pemerintah dan perusahaan besar membuat sistem pengiriman surat mereka offline untuk mencegah infeksi.

Virus ini diciptakan oleh dua programmer Filipina, Reonel Ramones dan Onel de Guzman. Apa yang dilakukan adalah menggunakan rekayasa sosial untuk membuat orang mengklik lampiran ; dalam hal ini, pengakuan cinta . Lampiran sebenarnya adalah skrip yang berperan sebagai file TXT, karena Windows pada saat itu menyembunyikan ekstensi file yang sebenarnya. Setelah diklik, itu akan mengirim dirinya sendiri ke semua orang di milis pengguna dan melanjutkan untuk menimpa file dengan dirinya sendiri, membuat komputer tidak bisa di-boot. Keduanya tidak pernah ditagih, karena tidak ada undang-undang tentang malware. Hal ini menyebabkan diberlakukannya UU E-Commerce untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Code Red
10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Code Red pertama kali muncul pada tahun 2001 dan ditemukan oleh dua karyawan eEye Digital Security. Itu bernama Kode Merah karena pasangan itu minum Kode Red Mountain Dew pada saat penemuan. Cacing menargetkan komputer dengan server web Microsoft IIS diinstal , mengeksploitasi masalah buffer overflow dalam sistem. Ini meninggalkan jejak sangat sedikit pada hard disk karena mampu berjalan sepenuhnya pada memori, dengan ukuran 3.569 byte. Setelah terinfeksi, ia akan melanjutkan untuk membuat seratus salinan dari dirinya sendiri tetapi karena bug dalam pemrograman, itu akan menggandakan lebih banyak dan akhirnya memakan banyak sumber daya sistem.

Kemudian akan meluncurkan serangan penolakan layanan pada beberapa alamat IP, yang terkenal di antaranya adalah situs web Gedung Putih . Ini juga memungkinkan akses backdoor ke server, memungkinkan untuk akses jarak jauh ke mesin. Gejala yang paling berkesan adalah pesan yang ditinggalkan di halaman web yang terpengaruh, "Diretas Oleh Orang Cina!" , yang telah menjadi meme itu sendiri. Patch kemudian dirilis dan diperkirakan menyebabkan hilangnya produktivitas sebesar $ 2 miliar. Sebanyak 1-2 juta server terpengaruh , yang luar biasa ketika Anda menganggap ada 6 juta server IIS pada saat itu.

3. Melissa

Dinamai setelah penari eksotis dari Florida, itu dibuat oleh David L. Smith pada tahun 1999. Ini dimulai sebagai dokumen Word yang terinfeksi yang diposting di grup usenet alt.sex, mengklaim sebagai daftar kata sandi untuk situs-situs porno. Ini membuat orang penasaran dan ketika diunduh dan dibuka, itu akan memicu makro di dalamnya dan melepaskan muatannya. Virus akan mengirimkan dirinya ke 50 orang teratas dalam buku alamat email pengguna dan ini menyebabkan peningkatan lalu lintas email, mengganggu layanan email pemerintah dan perusahaan. Ini juga terkadang merusak dokumen dengan memasukkan referensi Simpsons ke dalamnya.

Smith akhirnya tertangkap ketika mereka melacak dokumen Word kepadanya. File itu diunggah menggunakan akun AOL curian dan dengan bantuan mereka, penegak hukum dapat menangkapnya kurang dari seminggu sejak wabah dimulai. Dia bekerja sama dengan FBI dalam menangkap pembuat virus lain , yang terkenal di antaranya adalah pencipta virus Anna Kournikova. Untuk kerjasamanya, ia hanya bertugas 20 bulan dan membayar denda $ 5000 dari hukuman 10 tahun. Virus ini dilaporkan menyebabkan kerusakan $ 80 juta.

4. Sasser
10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Cacing Windows pertama kali ditemukan pada tahun 2004 , cacing ini diciptakan oleh mahasiswa ilmu komputer Sven Jaschan, yang juga menciptakan cacing Netsky. Sementara payload itu sendiri dapat dilihat sebagai hanya mengganggu (itu memperlambat dan crash komputer, sementara membuatnya sulit untuk me-reset tanpa memotong daya), efeknya sangat mengganggu, dengan jutaan komputer yang terinfeksi, dan penting, infrastruktur penting terpengaruh . Cacing mengambil keuntungan dari kerentanan buffer overflow dalam Layanan Subsistem Otoritas Keamanan Lokal (LSASS), yang mengontrol kebijakan keamanan akun lokal yang menyebabkan crash ke komputer.

 Ini juga akan menggunakan sumber daya sistem untuk menyebarkan dirinya ke mesin lain melalui Internet dan menginfeksi orang lain secara otomatis.
Efek dari virus itu tersebar luas ketika eksploit sudah ditambal, banyak komputer belum memperbarui. Ini menyebabkan lebih dari satu juta infeksi , mengeluarkan infrastruktur kritis, seperti maskapai penerbangan, kantor berita, transportasi umum, rumah sakit, transportasi umum, dll. Secara keseluruhan, kerusakan diperkirakan menelan biaya $ 18 miliar. Jaschen diadili sebagai anak di bawah umur dan menerima hukuman percobaan 21 bulan.

5. Zeus
10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Zeus adalah kuda Trojan yang dibuat untuk menginfeksi komputer Windows sehingga akan melakukan berbagai tugas kriminal. Yang paling umum dari tugas-tugas ini biasanya man-in-the-browser keylogging dan form grabbing . Sebagian besar komputer terinfeksi melalui unduhan drive-by atau penipuan phishing. Pertama kali diidentifikasi pada tahun 2009, ia berhasil mengkompromikan ribuan akun FTP dan komputer dari perusahaan multinasional besar dan bank seperti Amazon, Oracle, Bank of America, Cisco, dll.

Pengendali botnet Zeus menggunakannya untuk mencuri kredensial login jaringan sosial. , akun email dan perbankan.
Di AS saja, diperkirakan lebih dari 1 juta komputer terinfeksi, dengan 25% di AS. Seluruh operasi itu canggih, melibatkan orang-orang dari seluruh dunia untuk bertindak sebagai bagal uang untuk menyelundupkan dan mentransfer uang tunai ke para pemimpin di Eropa Timur. Sekitar $ 70 juta dicuri dan memiliki cincin itu. 100 orang ditangkap sehubungan dengan operasi tersebut. Pada akhir 2010, pencipta Zeus mengumumkan pengunduran dirinya tetapi banyak ahli percaya ini salah.

6. Conficker
10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Dikenal juga sebagai Downup atau Downadup , Conficker adalah worm dari kepengarangan yang tidak diketahui untuk Windows yang muncul pertama kali pada tahun 2008. Namanya berasal dari kata dalam bahasa Inggris, configure dan bahasa Jerman. Ini menginfeksi komputer menggunakan kelemahan pada OS untuk membuat botnet. Malware ini dapat menginfeksi lebih dari 9 juta komputer di seluruh dunia, yang memengaruhi pemerintah, bisnis, dan individu. Itu adalah salah satu infeksi cacing terbesar yang diketahui muncul ke permukaan menyebabkan perkiraan kerusakan $ 9 miliar.

Worm ini bekerja dengan mengeksploitasi kerentanan layanan jaringan yang ada dan tidak tersedia di Windows. Setelah terinfeksi, worm kemudian akan mereset kebijakan penguncian akun, memblokir akses ke pembaruan Windows dan situs antivirus, mematikan layanan tertentu dan mengunci akun pengguna di antara banyak. Kemudian, ia mulai menginstal perangkat lunak yang akan mengubah komputer menjadi budak botnet dan scareware untuk menipu uang dari pengguna. Microsoft kemudian memberikan perbaikan dan tambalan dengan banyak vendor antivirus memberikan pembaruan definisi mereka.

7. Stuxnet

Diyakini telah diciptakan oleh Pasukan Pertahanan Israel bersama dengan Pemerintah Amerika, Stuxnet adalah contoh virus yang diciptakan untuk tujuan perang cyber , karena dimaksudkan untuk mengganggu upaya nuklir Iran. Diperkirakan Stuxnet telah berhasil menghancurkan seperlima sentrifugal nuklir Iran dan hampir 60% infeksi terkonsentrasi di Iran.

Cacing komputer dirancang untuk menyerang Programmable Logic Controllers (PLC) industri, yang memungkinkan otomatisasi proses dalam permesinan . Ini secara khusus ditujukan pada yang dibuat oleh Siemens dan disebarkan melalui drive USB yang terinfeksi. Jika komputer yang terinfeksi tidak mengandung perangkat lunak Siemens, komputer itu akan tidak aktif dan menginfeksi orang lain dengan cara yang terbatas sehingga tidak memberikan dirinya sendiri. Jika perangkat lunak ada di sana, maka ia akan melanjutkan untuk mengubah kecepatan mesin, menyebabkannya terpisah. Siemens akhirnya menemukan cara untuk menghapus malware dari perangkat lunak mereka.

8. Mydoom
10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Berselancar di tahun 2004, Mydoom adalah worm untuk Windows yang menjadi salah satu worm email penyebaran tercepat sejak ILOVEYOU. Penulis tidak diketahui dan diyakini bahwa pencipta dibayar untuk membuatnya karena mengandung pesan teks, “andy; Saya hanya melakukan pekerjaan saya, tidak ada masalah pribadi, maaf, ". Itu dinamai oleh karyawan McAfee Craig Schmugar, salah satu orang yang awalnya menemukannya. 'mydom' adalah sebaris teks dalam kode program (domain saya) dan merasakan ini akan menjadi besar, menambahkan 'malapetaka' ke dalamnya.

Cacing menyebar sendiri dengan muncul sebagai kesalahan transmisi email dan berisi lampiran itu sendiri . Setelah dieksekusi, ia akan mengirim dirinya sendiri ke alamat email yang ada di buku alamat pengguna dan menyalin dirinya ke folder program P2P untuk menyebarkan dirinya melalui jaringan itu. Payloadnya sendiri ada dua: pertama membuka backdoor untuk memungkinkan akses jarak jauh dan kedua meluncurkan serangan penolakan layanan pada SCO Group yang kontroversial. Dipercaya bahwa worm tersebut dibuat untuk mengganggu SCO karena konflik kepemilikan beberapa kode Linux. Ini menyebabkan perkiraan kerusakan $ 38,5 miliar dan worm masih aktif dalam beberapa bentuk hari ini.

9. CryptoLocker
10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

CryptoLocker adalah bentuk ransomware Trojan horse yang ditargetkan untuk komputer yang menjalankan Windows. Ia menggunakan beberapa metode untuk menyebar sendiri , seperti email, dan setelah komputer terinfeksi, ia akan melanjutkan untuk mengenkripsi file tertentu pada hard drive dan setiap penyimpanan terpasang yang terhubung dengannya dengan kriptografi kunci publik RSA. Meskipun cukup mudah untuk menghapus malware dari komputer, file-file tersebut akan tetap terenkripsi. Satu-satunya cara untuk membuka kunci file adalah dengan membayar tebusan pada batas waktu .

Jika tenggat waktu tidak dipenuhi, tebusan akan meningkat secara signifikan atau kunci dekripsi dihapus. Tebusan biasanya berjumlah $ 400 dalam bentuk uang tunai atau bitcoin prabayar.
Operasi tebusan akhirnya dihentikan ketika lembaga penegak hukum dan perusahaan keamanan berhasil mengambil bagian kendali dari botnet yang mengoperasikan CryptoLocker dan Zeus . Evgeniy Bogachev, pemimpin cincin, ditagih dan kunci enkripsi dilepaskan ke komputer yang terpengaruh. Dari data yang dikumpulkan dari serangan itu, jumlah infeksi diperkirakan 500.000, dengan jumlah orang yang membayar uang tebusan sebesar 1,3%, sebesar $ 3 juta.

10. Flash
10 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Merusak

Meskipun tidak merusak seperti sisa malware dalam daftar ini, ini adalah salah satu dari sedikit malware Mac yang mendapatkan ketenaran karena menunjukkan bahwa Mac tidak kebal. Trojan pertama kali ditemukan pada tahun 2011 oleh perusahaan antivirus Intego sebagai instalasi Flash palsu. Dalam inkarnasinya yang lebih baru, pengguna hanya perlu mengaktifkan Java (yang kemungkinan besar dari kita).

Ini menyebar sendiri dengan menggunakan situs web yang dikompromikan yang berisi kode JavaScript yang akan mengunduh muatan. Setelah diinstal, Mac menjadi bagian dari botnet Mac lain yang terinfeksi.
Kabar baiknya adalah bahwa jika terinfeksi , itu hanya diterjemahkan ke akun pengguna tertentu itu . Berita buruknya adalah bahwa lebih dari 600.000 Mac terinfeksi, termasuk 274 Mac di wilayah Cupertino, markas Apple. Oracle menerbitkan perbaikan untuk eksploitasi dengan Apple merilis pembaruan untuk menghapus Flashback dari Mac orang. Itu masih di alam bebas, dengan perkiraan 22.000 Mac masih terinfeksi pada 2014.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti domain blogspot di hostinger

Milih Baterai: Tips Memilih Baterai Laptop